EVALUASI DAN PELAPORAN ?>

EVALUASI DAN PELAPORAN

I.1 Monitoring dan Evaluasi

Ada dua jenis evaluasi yang akan dilakukan yaitu: pertama, evaluasi oleh tim pelaksana PHBD terhadap program yang dilaksanakan untuk mengukur tingkat keberhasilannya. Evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan indikator (perilaku, fisik, kelembagaan, tindak lanjut) sebelum dan sesudah  pelaksanaan PHBD. Data-data perubahan tersebut dapat diperoleh dengan metode wawancara mendalam, FGD, dan observasi.

Kedua, evaluasi oleh Direktorat Belmawa yaitu kegiatan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program yang dilakukan pada saat program berlangsung. Kegiatan ini berbentuk presentasi hasil kegiatan dan observasi lapangan dalam aspek kesesuaian identifikasi masalah dan metode, tingkat keberhasilan, kesesuaian pelaksanaan, kekompakan tim pelaksana, peran dosen pembimbing, keterlibatan pemangku kepentingan dan potensi keberlanjutan.

Evaluasi akan mencatat hal-hal penting yang ditemui di lapangan antara lain: kendala yang ditemui dalam pelaksanaan program, dampak keberhasilan, keterlibatan masyarakat, keberlanjutan program berdasarkan kebutuhan masyarakat, peluang pasar dan feedback/saran dari peserta program. Evaluasi menggunakan lembar sebagaimana di Lampiran 5.

 

I.2 Pelaporan

Jumlah halaman laporan maksimum 10 halaman (tidak termasuk lampiran, gambar, foto, laporan keuangan), spasi 1, times new roman style dan font 12. Laporan Akhir mengikuti format sampul muka, halaman pengesahan laporan akhir dengan sistematika dan penjelasan penulisan sebagai berikut:

ABSTRAK
Berisi tidak lebih dari 250 kata dan merupakan intisari dari seluruh tulisan meliputi latar belakang, tujuan, metode dan hasil. Di bawah abstrak disertakan 3-5 kata kunci (keywords)

PENDAHULUAN
Merupakan gambaran umum dan observasi awal fenomena mengenai topik yang diangkat. Latar belakang, rumusan masalah, tujuan kegiatan serta manfaat kegiatan untuk waktu yang akan datang.

GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
Penjelasan mengenai kondisi nyata masyarakat sasaran yang telah menerima kegiatan PHBD. Uraikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.

METODE PELAKSANAAN
Uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program secara rinci meliputi teknik, cara atau tahapan kegiatan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.

PELAKSANAAN
Cukup jelas

EVALUASI DAN KEBERLANJUTAN
Hasil menjelaskan tentang apa saja yang diperoleh selama pelaksanaan PHBD. Data disajikan dalam bentuk gambar dan tabel. Analisis data dan informasi berisi uraian dan analisis berkaitan dengan temuan-temuan selama pelaksanaan program, terutama dalam konteks yang berhubungan dengan apa yang telah dilakukan. Interpretasi dan ketajaman analisis dari hasil pelaksanaan, pembahasan tentang pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari hasil pelaksanaan program. Pemecahan masalah yang berhasil dilakukan perlu mendapatkan catatan dalam bab ini serta potensi keberlanjutan.

KESIMPULAN DAN SARAN
Merupakan bagian akhir tulisan yang menunjukkan jawaban atas tujuan yang telah dikemukakan dalam pendahuluan.

LAMPIRAN

Pelaksana PHBD wajib menyerahkan laporan dalam bentuk cetakan (hardcopy), dan soft file (dalam bentuk CD) dengan format file Microsoft Word (docx). Foto dan gambar juga disertakan pada direktori yang lain dengan format file jpg.

Semua file disimpan dalam sebuah folder/direktori dengan nama sesuai aturan berikut:
BINADESA-nn-NamaPT-NamadepanKetuaJudulKegiatan_3_Kata_Pertama
nn            : Dua digit terakhir tahun anggaran pendanaan kegiatan
NamaPT : Nama singkatan perguruan tinggi yang biasa digunakan

Contoh:
BINADESA-12UNIPA-Hanike-Optimus Proses Separasi—
BINADESA-12PNP-Zairil-Sistem Deteksi Tanpa—