PROPOSAL ?>

PROPOSAL

Persyaratan Administratif

Setiap proposal harus memenuhi persyaratan administrasi, yaitu:

  1. Diajukan oleh ketua pelaksana diketahui oleh pimpinan organisasi pengusul (IOMS, BEM, UKM) dan Dosen Pendamping, disetujui oleh Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan.
  2. Jumlah pelaksana minimal 7 orang (minimal dari 2 angkatan yang berbeda)
  3. Wajib menyertakan SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN KERJA SAMA (bermeterai) dari kelompok masyarakat sasaran yang diketahui oleh pemerintah desa.
  4. Wajib menyertakan surat keputusan legalitas organisasi organisasi dari Rektor/Ketua/Direktur (intrakampus) atau Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan/Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (antar kampus).
  5. Diajukan secara daring (on-line).

 

Penulisan Pra-Proposal

Pra-proposal disusun secara ringkas maksimal 6 halaman A4, 1,5 pasi, jenis Times New Roman ukuran font 12 dengan Sistematika dan penjelasan penulisan pra-proposal sebagai berikut:

JUDUL
Judul hendaklah singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran kegiatan yang diusulkan.

LATAR BELAKANG MASALAH
– Uraikan secara kuantitatif potret, profil, dan kondisi masyarakat sasaran yang akan dilibatkan.
– Uraikan kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.

PERUMUSAN MASALAH
– Rumuskan dengan jelas permasalahan yang akan diselesaikan mengacu pada tema-tema kegiatan yang telah ditetapkan.
– Tunjukkan masalah yang menjadi prioritas dalam program yang akan dilaksanakan
– Perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan.

TUJUAN
1. Rumuskan tujuan yang akan dicapai secara spesifik dan merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah Program selesai dilaksanakan.
2. Rumusan tujuan harus jelas dan dapat diukur.

INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM
Indikator keberhasilan sebelum dan sesudah program meliputi halhal sebagai berikut:
1. Perubahan perilaku masyarakat (pengetahuan, sikap mental/kesadaran dan keterampilan).
2. Perubahan fisik.
3. Terjalinnya kemitraan dengan berbagai pihak.
4. Terbentuknya kelembagaan local di masyarakat yang meneruskan dan mengembangkan program;

LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran program terdiri atas:
1. Manual/panduan aplikasi teknologi produk PHBD;
2. Publikasi tulisan ilmiah;
3. Dihasilkannya program tindak lanjut
4. Profil dan poster hasil pelaksanaan program.

KEGUNAAN
Jelaskan manfaat yang akan diperoleh bagi masyarakat sasaran, dari sisi ekonomi maupun ipteks, pada saat kegiatan berlangsung maupun setelah Program selesai dilaksanakan.

GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
– Penjelasan mengenai kondisi awal kelompok sasaran yang akan menerima kegiatan pengabdian agar diuraikan secara faktual dengan dilengkapi data-data yang cukup, lokasi daerah sasaran ditunjukkan dengan Google Map.
– Uraikan permasalahan yang dihadapi.

METODE PELAKSANAAN
– Cantumkan hasil analisis kebutuhan sasaran terhadap program yang dipilih.
– Uraian metode yang digunakan dalam pelaksanaan program.
– Uraian cara atau tahapan untuk keberhasilan program mengacu kepada indicator keberhasilan program.

JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Jangka waktu penyelesaian kegiatan ditentukan oleh pelaksana sekalipun pelaporan penggunaan dana untuk menyelesaikan kegiatan tetap mengacu pada jadwal di buku panduan.

KEMITRAAN
Uraian peran pihak-pihak yang bermitra dalam pelaksanaan dan pasca program.

BIAYA
Jumlah biaya yang diperlukan dan sumbernya (tidak diperkenankan untuk membeli alat yang berkaitan dengan kesekretariatan, Honorarium bagi tim pelaksana, dosen pendamping, ataupun tenaga pembantu lainya)

 

Penulisan Proposal Lengkap

Pra-proposal terpilih akan diminta untuk mempresentasikan proposal lengkap dengan ketentuan:

  1. Proposal disusun mengikuti sistematika penulisan sesuai kriteria yang tercantum dalam buku pedoman, tidak lebih dari 15 halaman dihitung mulai dari Latar belakang sampai dengan Rancangan biaya (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, Daftar isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel dan lampiran)
  2. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baku
  3. Kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, halaman pengesahan, diberi nomor halaman menggunakan angka romawi-kecil, dan diketik di sebelah kanan-bawah (i, ii, dan seterusnya).
  4. Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka Arab.
  5. Gambar dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka Arab.

Sistematika dan penjelasan penulisan proposal lengkap adalah sebagai berikut:

JUDUL
Judul PHBD hendaklah singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran kegiatan yang diusulkan.

LATAR BELAKANG MASALAH
– Uraikan secara kuantitatif potret, profil, dan kondisi masyarakat sasaran yang akan dilibatkan dalam PHBD.
– Uraikan kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.

PERUMUSAN MASALAH
– Rumuskan dengan jelas permasalahan yang akan diselesaikan mengacu pada tema-tema kegiatan yang telah ditetapkan.
– Tunjukkan masalah yang menjadi prioritas dalam program yang akan dilaksanakan.
– Perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan.

TUJUAN
– Uraikan tujuan yang akan dicapai secara spesifik dan merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah PHBD selesai dilaksanakan.
– Uraian tujuan harus jelas dan dapat diukur.

INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM
Indikator keberhasilan program adalah:
– Perubahan perilaku masyarakat (pengetahuan sikap mental dan keterampilan);
– Perubahan fisik;
– Pengembangan kelembagaan dan kemitraan; dan
– Dihasilkannya program tindak lanjut.

LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran program terdiri atas:
1. Manual/panduan aplikasi teknologi produk PHBD;
2. Artikel ilmiah;
3. Terbentuknya kelembagaan lokal di masyarakat yang meneruskan dan mengembangkan program;
4. Poster (lampiran 6 )
5. Profil PHBD (lampiran 7)
6. Publikasi media masa

KEGUNAAN
Sebutkan manfaat yang akan diperoleh bagi masyarakat sasaran, dari sisi ekonomi maupun ipteks, pada saat kegiatan berlangsung maupun setelah PHBD selesai dilaksanakan.

GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
Penjelasan mengenai kondisi awal kelompok sasaran yang akan menerima kegiatan pengabdian agar diuraikan secara faktual dengan dilengkapi data-data yang cukup (jumlah orang yang terlibat dalam program, luasan lahan, volume, jenis kegiatan, keterlibatan mitra dll). Uraikan permasalahan yang dihadapi.

METODE PELAKSANAAN
– Uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program secara rinci, meliputi teknik, cara atau tahapan kegiatan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.
– Tahap Pelaksanaan meliputi:
1. Identifikasi masalah;
2. Analisis kebutuhan;
3. Penyusunan Program;
4. Pelaksanaan Program;
5. Monitoring dan Evaluasi berdasarkan indikator keberhasilan program;
6. Lokakarya Hasil dengan menghadirkan stakeholder program;
7. Pelaporan.

INSTRUMEN PENDUKUNG
1. Format rencana pelaksanaan program
2. Logbook kegiatan.
3. Form monitoring pasca program (Tim pengusul akan melakukan pemutakiran data sasaran pada saat 3, 6, 9, 12 bulan program).

JADWAL KEGIATAN PROGRAM
Jadwal kegiatan harus rinci dan jelas meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan dalam bentuk Bar-chart. Bar-chart memberikan rincian kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut.

RANCANGAN BIAYA
– Biaya maksimum Rp. 45.000.000,-
– Buatlah rancangan biaya secara lengkap, wajar, dan jelas peruntukannya dengan rekapitulasi biaya terdiri atas:
1. Bahan habis pakai;
2. Peralatan penunjang, kecuali alat kesekretariatan;
3. Perjalanan;
4. Seminar dan publikasi
– Honorarium tidak diperkenankan bagi pihak manapun baik tim pelaksana, dosen pendamping, ataupun tenaga pembantu lainnya.

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Biodata singkat ketua dan anggota pelaksana program serta dosen pendamping. Biodata harus dilengkapi dengan tanda tangan basah.
2. Gambaran metode atau model pemberdayaan dan teknologi yang akan diterapkan.
3. Surat pernyataan kesediaan bekerjasama dengan pemerintah desa yang menjadi lokasi binaan.
4. Surat Pernyataan Pelaksana PHBD (Lampiran 8)
5. Denah lokasi Bina Desa

 

Pendaftaran Pra Proposal

Pendafaran pra-proposal dilakukan secara daring melalui laman http://phbd.ristekdikti.go.id/ dengan tata cara berikut:

1. Membuka laman http://phbd.ristekdikti.go.id/, menu pendaftaran pra proposal
2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan
3. Melampirkan/menggunggah dokumen elektronik berupa file dengan format PDF sebagai berikut:

  • Surat Keputusan organisasi kemahasiswaan intra Perguruan Tinggi yang ditandatangani oleh Rektor/Ketua/Direktur atau Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan/Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (untuk ormawa antar Perguruan Tinggi);
  • Surat pernyataan kerja sama (bermaterai) dari kelompok masyarakat sasaran yang disetujui oleh pemerintah desa;
  • Surat kesediaan pembimbing untuk membimbing kegiatan PHBD;
  • Rekomendasai dari Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan untuk kegiatan PHBD;

4. Mencetak tanda bukti pendaftaran PHBD yang disertai dengan password. Bagi organisasi kemahasiswaan bukan tingkat Perguruan Tinggi, selain melampirkan SK, harus melampirkan persetujuan dari Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan

 

Pendaftaran Proposal Lengkap

  1. Memilih menu pendaftaran proposal pada laman http://phbd.ristekdikti.go.id/ dengan menggunakan password yang sudah diberikan sebelumnya;
  2. Mengunggah proposal lengkap berupa softcopy dengan format PDF sesuai ketentuan panduan;
  3. Mengunggah Surat Tugas Tim PHBD yang diterbitkan oleh Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan.

 

Pengumuman Undangan Presentasi

  1. Proposal yang lolos untuk mengikuti kegiatan presentasi dapat dilihat pada laman http://phbd.dikti.go.id/ dan dikirim melalui surel ketua tim.
  2. Peserta yang diundang membawa kelengkapan sebagai berikut:
    a) Bahan presentasi dan Dokumen pendukung kondisi awal sasaran kegiatan PHBD (foto, video, hasil wawancara, dll);
    b) Proposal sebanyak 2 (dua) hardcopy;
    c) Surat Tugas dari pimpinan perguruan tinggi.